KATA PENGANTAR
Segala puji syukur
atas kehadirat Tuhan Yang Maha Pemurah, karena berkat kemurahanNya makalah ini
dapat saya selesaikan. Makalah ini disusun agar kita dapat memperluas wawasan
kita tentang Ilmu Sosial Dasar.
Makalah ini dibuat
dalam rangka pembelajaran mata kuliah Ilmu Sosial Dasar (softskil). Pemahaman
tentang manusia dan hal – hal yang berkaitan dengannya sangat diperlukan,
dengan suatu harapan suatu masalah dapat diselesaikan dan dihindari kelak,
sekaligus menambah wawasan bagi kita semua.
Makalah ini, tentunya
masih jauh dari kesempurnaan, karena penulis juga masih dalam tahap
pembelajaran. Oleh karena itu arahan, koreksi dan saran, sangat penulis
harapkan. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada
pembaca.
Terima kasih.
Depok,27 september
2014
Putra Hari Nugroho
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ……………………………………………………………..1
DAFTAR ISI……………………………………………………………………….2
DAFTAR ISI……………………………………………………………………….2
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang………………………………………………………………...3
1.2 Maksud dan Tujuan…………………………………………………………...3
1.3 Tujuan Penulisan……………………………………………………………...3
1.4 Metode Penulisan……………………………………………………………..4
1.5 Manfaat Penelitian……………………………………………………………4
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang………………………………………………………………...3
1.2 Maksud dan Tujuan…………………………………………………………...3
1.3 Tujuan Penulisan……………………………………………………………...3
1.4 Metode Penulisan……………………………………………………………..4
1.5 Manfaat Penelitian……………………………………………………………4
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Ilmu Sosial Dasar………………………………………………….5
2.2 Pengertian Teknik Informatika …….…………………………………………..5
2.3 Ruang Lingkup…………………………………………………………………7
2.4 Fungsi…………………………………………………………………………..9
2.5 Tujuan…………………………………………………………………………..9 2.6 Masalah social dalam Ilmu Sosial Dasar……………………………………...10
PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Ilmu Sosial Dasar………………………………………………….5
2.2 Pengertian Teknik Informatika …….…………………………………………..5
2.3 Ruang Lingkup…………………………………………………………………7
2.4 Fungsi…………………………………………………………………………..9
2.5 Tujuan…………………………………………………………………………..9 2.6 Masalah social dalam Ilmu Sosial Dasar……………………………………...10
BAB III
3.1KESIMPULAN………………………………………………………………..12
3.1KESIMPULAN………………………………………………………………..12
DAFTAR
PUSTAKA……………………………………………………………..13
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1.Latar belakang
Apa itu ISD ? apa
manfaat ISD ? mempelajari ISD sangatlah penting, terutama bagi mahasiswa .
Sebagai salah satu usaha untuk memberi bekal, yang dapat diharapkan memberi
pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan
untuk melengkapi gejala – gejala sosial agar persepsi dan penalaran mahasiswa
dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga kepekaan
mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar. Mahasiswa lebih
perduli terhadap lingkungannya dan dapat meyelesaikan permasalahan-permasalahan
sosial tersebut. Mempelajari ISD dapat dilakukan dengan pendekatan diri kita
kepada lingkungan dan bersosialisasi pada orang sekitar.
1.2 Maksud dan tujuan
ISD itu materi yang
terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial. Mengajak manusia berpikir
luas dan menghasilkan kepribadian yang baik terutama bagi mahasiswa,
mempermudah berinteraksi dengan lingkungan sekitar , dan memahami
masalah-masalah sosial .
1.3. Tujuan Penulisan
1. Mahasiswa memiliki kesiapan
untuk menekuni dunia keilmuan.
2. Mahasiswa bisa mengerti
dan memahami prinsip filsafaat ilmu sebagai landasan mengerti dan memahami
berbagai fenomena sosial kontemporer.
3. Mahasiswa mampu memahami
berbagai konsep ilmu sosial yang akan digunakan sebagai instrumen memetakan
segala problematika sosial kemasyarakatan.
1.4. Metode Penulisan
Metode penulisan
makalah ini adalah pendeskripsian mengenai Ilmu Sosial Dasar yang sumbernya berasal
melalui jelajah internet.
1.5. Manfaat
Penulisan
Manfaat penulisan
makalah ini secara teoritis adalah dapat digunakan sebagai referensi untuk
melakukan penulisan-penulisan ilmiah kembali tentang Ilmu Sosial Dasar
tentunya. Manfaat penulisan secara praktis makalah ini adalah dapat digunakan
sebagai gambaran tentang Ilmu Sosial Dasar.
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
2.1. PENGERTIAN ILMU
SOSIAL DASAR
Ilmu Sosial Dasar
adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan
pemahaman manusia tentang masalah sosial, dan juga membicarakan hubungan timbal
balik antara manusia dengan lingkungannya. Khususnya kehidupan masyarakat
Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian. Ilmu sosial bukanlah suatu
bidang keahlian ilmu-ilmu sosial tertentu, tetapi berasal berbagai bidang
pengetahuan dalam berbagai ilmu-ilmu sosial seperti, sosiologi, sejarah ,
antropologi, psikologi sosial. Atau Ilmu Social Dasar ( ISD ) adalah ilmu
pengetahuan yang menelaah masalah – masalah social yang timbul dan berkembang,
khususnya yang diwujudkan oleh warga Indonesia dengan menggunakan
pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang
pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social. Pengetahuan yang menelaah
masalah-masalah sosial, khususnya masalah – masalah yang diwujudkan oleh
masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori – teori yang berasal dari
berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu – ilmu sosial (seperti
Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi,
Psikologi Sosial dan Sejarah).
2.2.PENGERTIAN TEKNIK
INFORMATIKA
Informatika
merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu
data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup
beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: sistem informasi, ilmu komputer,
ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi
manajemen. Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi
dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan
menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.
Aspek dari informatika lebih luas dari sekedar sistem informasi berbasis
komputer saja, tetapi masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses
dengan komputer.
Informatika
mempunyai konsep dasar, teori, dan perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika
dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk
tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya.
Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatika,
informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan
beberapa contoh yang lain dari bidang informatika.
Dalam
ruang lingkup yang lebih luas, informatika meliputi beberapa aspek:
§ Teori informasi yang
mempelajari konsep matematis dari suatu informasi
§ ilmu informasi yang
mempelajari tentang cara pengumpulan, klasifikasi, manipulasi penyimpanan,
pengaksesan, dan penyebarluasan informasi untuk keperluan sosial dan
kemasyarakatan secara menyeluruh
§ ilmu komputer dan
teknik komputer yang mempelajari tentang pemrosesan, pengarsipan, dan
penyebaran informasi dengan menggunakan teknologi informasi dan alat lain yang
berbasis komputer.
§ sistem informasi yang
mempelajari mengenai teknik pengembangan suatu sistem untuk mengolah berbagai
macam informasi yang ada.
§ keamanan informasi
ilmu yang mempelajari mengenai kajian proses mengamankan dan melindungi data
pada yang ada pada sistem atau komputers.
Hubungan ISD dengan jurusan
Teknik Informatika
Dengan
diberikannya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar maka Mahasiswa dapat menelaah
masalah-masalah sosial yang kerap terjadi di masyarakat. Jadi Mahasiswa juga
dapat memperoleh gagasan dalam pembuatan karya yang berkaitan dengan kehidupan
sosial masyarakat. Suatu contoh pada saat ini tengah marak penggunaan sosial
media seperti facebook, twitter, foursquare, Instagram, dll. Semua itu adalah
gagasan yang didapat dari pemikiran tentang permasalahan sosial, sosial media
tersebut diciptakan untuk membuat masyarakat menjadi mudah dalam berkomunikasi
dan saling terhubung walaupun saling berjauhan. Selain itu Ilmu Sosial Dasar
juga bermanfaat dalam memberikan pembelajaran untuk dapat mengatasi
masalah-masalah yang kerap terjadi pada Mahasiswa Teknik Informatika dalam
urusan sosialitas.
2.3.RUANG LINGKUP
Ilmu pengetahuan
dikelompokan dalam beberapa kelompok. Secara umum ilmu pengetahuan dikelompokan
menjadi tiga yaitu ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, dan ilmu
pengetahuan budaya atau lebih umum disebut ilmu pengetahuan humaniora.
Pengelompokan ilmu pengetahuan ini yang mendasari pengembangan Ilmu Alamiah
Dasar, Ilmu Sosial Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar.
ISD meliputi dua kelompok utamam, studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga – lembaga sosial. Yang terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang yang kemudian terdiri atas ekonomi dan politik.
ISD meliputi dua kelompok utamam, studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga – lembaga sosial. Yang terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang yang kemudian terdiri atas ekonomi dan politik.
Sasaran STUDI ISD
adalah aspek – aspek yang paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia sebagai
makhluk sosial dan masalah – masalah yang terwujud dari padanya.
Materi ISD terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran ISD dapat dibedakan atas tiga golongan yaitu,
Materi ISD terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran ISD dapat dibedakan atas tiga golongan yaitu,
Kenyataan-kenyataan
sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu
sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut
pandangannya. Dalam ISD kita menggunakan pendekatan
interdisiplin/multidisiplin.
·
Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang
kenyataan¬kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang
sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam
Ilmu Pengetahuan sosial. Sebagai contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya
konsep “keanekaragaman” dan kosep “Kesatuan sosial”.
·
Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat,
biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu
dengan lainnya saling berkaitan.
Konsorsium Antar
Bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan ISD terdiri dari 8 (delapan) pokok
bahasan. Dari ke delapan Pokok Bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan
ISD diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
1. Berbagai masalah
kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah individu,
keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan
sosialisasi.
4. Masalah hubungan
antara warga negara dan negara.
5. Masalah pelapisan
sosial dan kesamaan derajat
6. Masalah masyarakat
perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7. Masalah
pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan ilmu
pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
Dalam
perkembangannya, ISD banyak berkonsentrasi pada urusan masalah sosial, menurut
Soerjono Soekanto masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara
unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok
sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan
gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau
masyarakat.
kemampuan yang
diharapkan mempelajari ISD :
1. Memiliki kemampuan
profesionalisme: nilai, dan sikap yang memungkinkannya berpartisipasi secara
aktif dan cerdas dalam proses politik; Memiliki kemampuan, etos kerja, dan
disiplin kerja yang memungkinkannya aktif dan produktif berpartisipasi dalam
berbagai kegiatan ekonomi.
2. Memiliki kemampuan
akademis: sikap ilmiah untuk dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi
melalui kemampuan penelitian dan pengembangan.
3. Memiliki kemampuan
personal: kepribadian yang mantap, berkarakter, dan bermoral, serta berakhlak
mulia.
2.4 FUNGSI
Fungsi dari ilmu
sosial dasar yaitu, memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang
konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala social kebudayaan
agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi
lingkungan social budaya dapat ditingkatkan sehingga kepekaan mahasiswa pada
lingkungannya menjadi lebih besar.
2.5.TUJUAN
Ilmu Sosial Dasar
membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian agar memperoleh wawasan
yang lebih luas dan ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dari sikap, khususnya
berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi
manusia-manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia-manusia
lain terhadap manusia yang bersangkutan secara timbal balik. Adapun tujuannya
yaitu :
· Memahmi dan menyadari
adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam
masyarakat .
· Peka terhadap
masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha
menanggulanginya
· Menyadari bahwa setiap
masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya
dapat mendekatinya .
· Memahami jalan pikiran para
ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka
dalam rangka penanggulangan
masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
2.6 MASALAH SOSIAL DALAM ILMU SOSIAL DASAR
Beberapa contoh masalah
sosial dalam masyarakat antara lain: pengangguran, kebodohan, kemiskinan,
kenaikan sembako,kejahatan, pungutan liar, tuna wisma, penggusuran, peperangan,
disorganisasi keluarga, homoseksualitas, kebakaran, bencana alam, pencemaran
lingkungan, dan tingginya angka
kelahiran.
·
Kemiskinan
Kemiskinan
diartikan sebagai suatu keadaan di mana seseorang tidak sanggup memelihara
dirinya sendiri sesuai dengan taraf kehidupan kelompok dan juga tidak mampu
memanfaatkan tenaga mental, maupun fisiknya dalam kelompok tersebut.
·
Kejahatan
Kejahatan
disebabkan karena kondisi-kondisi dan proses-proses sosial yang sama, yang
menghasilkan perilaku-perilaku sosial lainnya.
·
Disorganisasi
Keluarga
Disorganisasi
keluarga adalah perpecahan keluarga sebagai suatu unit karena
anggota-anggotanya gagal memenuhi kewajiban-kewajibannya yang sesuai dengan
peranan sosialnya.
·
Peperangan
Peperangan
merupakan suatu bentuk pertentangan dan juga suatu lembaga
kemasyarakatan.Peperangan merupakan bentuk pertentangan yang setiap kali
diakhiri dengan suatu akomodasi.
·
Pelacuran
Pelacuran
merupakan suatu pekerjaan yang bersifat menyerahkan diri kepada umum untuk
melakukan perbuatan-perbuatan seksual dengan mendapat upah.
·
Homoseksualitas
Homoseksualitas merupakan
pola perilaku para homoseksual, sedangkan homoseksual adalah seseorang yang
cenderung mengutamakan orang yang sejenis kelaminnya sebagai mitra seksual.
BAB III
3.1 KESIMPULAN
ISD sangat penting di
pelajari, terutama mahasiswa diharapkan mendapat bekal, dimana dapat lebih
dekat dengan lingkungannya, dan memahami masalah-masalah yang terjadi
dilingkungan, dan mereka dapat menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan
ilmu sosial yang mereka dapat. Dalam hal ini interaksi sosial juga dibutuhkan
untuk mempermudah pendekatan dengan lingkungan.interaksi yang baik akan
menghasilkan hubungan sosial yang baik juga, dan untuk masalah sosial berkaitan
dengan ISD karena ISD sebagai bekal pembelajaran untuk menyelesaikan masalah
sosial, dan menghasilkan seseorang yang memiliki kepribadian yang baik dan
berwawasan luas tentang sosial . Masalah-masalah sosial harus cepat
diselesaikan, sedikitnya mengurangi masalah-masalah tersebut. Dengan adanya
tugas ini saya dapat mengetahui apa itu ISD.
DAFTAR PUSTAKA
1 comments:
sepertinya mudah dan lebih keren
Replyizin copas min... buat tugas sukses selalu....
Post a Comment