Jokowi meluncurkan akun twitternya

Setelah mekuncurkan kembali akun fanpage resminya pada media sosial Facebook, kini giliran Presiden Jokowi meluncurkan kembali akun resmi Twitter. Akun resmi Presiden Jokowi bukan lagi @jokowi_do2 namun  @jokowi. Bertepatan saat sahur pada hari keempat Ramadhan dan juga tepat di hari ulang tahun ke-52 yang jatuh pada 21 Juni 2015, Presiden Jokowi menuliskan cuitan pertamanya pada akun Twitter tersebut. 
Cuitan pertama Presiden cukup singkat dan sederhana. "Alhamdulillah bisa sahur bersama keluarga. Selamat sahur, Saudaraku semua. Ini tweet pertama saya sebagai presiden.-Jkw"
Menurut keluarga dekat Presiden, Andi Wibowo, itu memang akun Twitter resmi Presiden Jokowi. Centang biru menunjukkan verifikasi dari admin Twitter yang menunjukkan itu memang akun asli. Untuk diketahui, sebelumnya saat masih menjabat walikota, Presiden Jokowi mempunyai akun Twitter @jokowi_do2. Namun sebagaimana akun Facebook, akun Twitter tersebut kemudian dibekukan. Kini akun Twitter tersebut dibangkitkan kembali dengan nama lain yaitu @Jokowi.
Tentu saja Presiden tidak punya waktu untuk mengelola sendiri akun media sosial miliknya. Namun beliau mempercayakan kedua akun resminya pada orang-orang terdekat yang benar-benar telah menyelami pribadi Presiden dan juga tidak pernah ketinggalan agenda Presiden. Pendeknya mereka adalah orang-orang kepercayaan yang nempel terus di manapun Presiden berada. Sehingga status di Facebook maupun cuitan di Twitter selalu atas sepengetahuan Presiden.
Bila akun resmi Facebook dikelola oleh Tim Komunikasi Presiden, akun Twitter ini dikelola oleh tim yang ada di bawah Kantor Staf Presiden. Oleh karena akun ini adalah akun lama yang dibangkitkan kembali, walau baru diluncurkan followernya sudah mencapai 2,8 juta orang. Hal ini disebabkan pengguna Twitter yang sebelumnya sudah memfollow @jokowi_do2, secara otomatis sudah langsung menjadi follower @jokowi, dan tidak perlu memfollow lagi.
Akun Twitter @jokowi bukan tanpa follower. @jokowi memfollow sejumlah akun Twitter resmi anggota Kabinet Kerja. Sehingga mereka bisa berhubungan satu sama lain di media sosial Twitter. 

Di hari pertama diluncurkan kembali, akun ini sudah banjir mention. Rata-rata mereka mengucapkan selamat ulang tahun kepada Presiden. Seperti dilakukan selebritis Twitter, @fadjroel dan juga Gubernur DKI, @basuki_btp. 

Post a Comment