New Media


DEFINISI NEW MEDIA

     Teknologi dalam perkembangan arus produksi, konsumsi dan distribusi informasi memegang peranan penting. Urgensi peranan teknologi dalam proses massifikasi informasi terjadi ketika hasil teknologi membantu mengubah pola komunikasi yang dibatasi oleh ruang dan waktu menjadi pola komunikasi informasi tanpa batas. Sehingga hadirnya media baru (new media)1 memberi alternatif masyarakat dalam mencari dan memanfaatkan sumber-sumber informasi untuk memenuhi kebutuhannya. Media massa konvensional (tv, radio dan cetak) dituntut untuk melakukan intergrasi dengan media baru agar mampu memenuhi harapan baru bagi pelanggan setianya, baik pembaca online maupun cetak.
               
New Media terdiri dari 2 kata, yaitu New dan Media. New berarti baru dan Media berarti perantara. Jadi New Media ialah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital,computer,atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu,manfaat,produksi,dan distribusinya. Secara sederhana New Media adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan computer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web,blog,online social network,online forum dan lain-lain yang menggunakan computer sebagai medianya.

MANFAAT NEW MEDIA
     Dari pembahasan tentang definisi dan pandangan mengenai new media sebelumnya, sebenarnya sudah jelas bahwa dengan New Media yang inovatif, segala sesuatu aktifitas dan pekerjaan kita akan menjadi lebih mudah, efisien dan efektif. seperti berikut :
·                     Sebagai media informasi yang dapat mudah dan cepat diakses dengan Internet. melalui internet kita dapat melalukan berbagai aktifitas di dunia maya. Seperti pencarian kerja, jual-beli barang, dan berbagai aktifitas yang bersifat informatif lainnya.
·                     Sebagai media komunikasi yang efisien, kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference
·                     Sebagai media hiburan, seperti : streaming video, video game, dan lain-lain.
·                     Sebagai sarana pendidikan yang efektif, seperti E-book. dengan E-book ini para pelajar / mahasiswa tidak perlu membeli buku, karena dapat mendownloadnya. dan ini menjadi praktis karena tanpa harus keberatan membawa buku yang banyak.
·                     Sebagai media silahturahmi, dengan bermunculan situs-situs media sosial di internet. seperti : Facebook, Twitter, My Space, Yahoo Messangger dan lain sebagainya, itu dapat membuat kita dapat bersilahturahmi dengan sanak saudara, teman dan masyarakat luas. Melalu berbagai situs tersebut kita dapat mengetahui kabar mereka dengan cara mengirim pesan, selain itu kita juga dapat mengirim photo, video, dan lain-lain kepada mereka.

KOMPONEN NEW MEDIA

·       komponen media yaitu : internet & web, Komputer/laptop, Portable Media Player, Mobile Phone, Video Game/Game komputer, Virtual Reality, DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc), VCDs (Compact Discs), dll.

     Internet saat ini dimana hampir seluruh manusia menggunakannya dengan berbagai keperluan masing-masing untuk dapat mengakses situs yang ingin dituju untuk mendapat apa yang sedang dicari baik info terbaru maupun ingin berinteraksi jarak jauh melalui jejaring sosial, seperti facebook, ym, twitter dll.

APLIKASI NEW MEDIA

Beberapa contoh aplikasi New Media, yaitu:
·                     Google, Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita dan informasi tertentu.
·                     CNN, BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
·                     Youtube, seleb.tv, metacafe dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan ( streaming) dan berita secara audio visual .
·                     Twitter, Facebook, Friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung dengan sesama user yang sengaja dibagikan kepada publik.
·                     BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan admenyediakan buku elektronik (e-book).
·                     Aplikasi Transportasi online seperti Go-Jek,Bluejek, Grab bike,Grab Taxi, dan yang lainnya.



Post a Comment