A. Sekilas Tentang Dunia Islam Pada Masa Modern
Masa pembaharuan (Modern) bagi dunia islam adalah masa yang dimula
dar tahun 1800M sampai sekarang. Masa pembaharuan ditandai dengan adanya
kesadaran umat islam terhadap kelemahan dirinya dan adanya dorongan untuk
memperoleh kemajuan dalam berbagai bidang, khususnya dalam bidang ilmu
pengetahuan dan teknologi.
Pada awal masa pembaharuan , kondisi islam secara politis berbeda
di bawah penetrasi kolonialisme. Baru pada pertengahan abad ke-20 M dunia islam
bangkit memerdekakan negaranya dari penjajahan bangsa barat (Eropa).
Diantara Negara-negara islam atau Negara-negara penduduk mayoritas
umat islam, yang memerdekakan dirinya dar penjajahan seperti:
· Indonesia, memperoleh kemerdekaan pada tanggal
17 Agustus 1947.
· Pakistan pada tanggal 15 Agustus 1947.
· Mesir secara pormal memperoleh kemerdekaan dari
Inggris tahun 1922 M. namun mesir baru merasa benar-benar merdeka pada tanggal
23 Juli 1952. yakni setelah jamal Abdul Nasir menjadi penguasa. Karena dapat
menggulingkan raja Faruq yang dalam masa pemerintahannya pengaruh inggris
sangat besar.
· Irak merdeka secara pormal dari penjajah inggris
tahun 1932M, tetapi sebenarnya baru benar-benar merdeka tahun 1958M,.
· Syira dan Libanon merdeka dari penjajah prancis
tahun 1946M.
· Beberapa Negara di Afrika merdeka dar Negara
prancis, seperti Lybia tahun 1951M, Sudan dan maroko tahun 1956M, dan Aljazair
tahun 1962M.
· Di Asia tenggara Negara-negara yang berpenduduk
mayoritas Islam, yang merdeka dari penjajah inggris adalah Malaysia tahun 1957
M, dan Brunei Darussalam tahun 1984 M.
· Di Asia Tengah, Negara-negara yang merdeka dari
Uni Soviet tahun 1992M. adalahUzbekistan, Kirghstan, Kazakhtan, danAzerbaijan.
Sedangkan Bosnia merdeka dar penjajah Yogoslavia juga tahun 1992 M.
B. PERKEMBANGAN
AJARAN ISLAM PADA MASA MODERN
Menjelang dan pada masa awal-awal pembaharuan yaitu sebelum dan
sesudah tahun 1800M. umat islam diberbagai Negara telah menyimpang dari ajaran
islam yang bersumber kepada Al-Qur’an dan Hadis. Penyimpangan itu tedapat dalam
hal:
· Ajaran Islam tentang ketauhidan telah tercampur
dengan kemaksatan.hal n ditandai dengan banyaknya umat Ialam yang selain menyembah
Allah SWT juga menyembah makam yang dianggap keramat dan meminta tolong dalam
urusan gaib kepada dukun-dukun dan orang yang dianggap sakti. Selain itu juga
kelompok umat Islam yang mengkulcuskan dan beranggapan bahwa sultan
adalah orang suci yang segala perintahnya di taat.
· Adanya kelompok umat Islam yang selama
hidup didunia ini hanya mementngkan urusan akhirat dan meninggalkan dunia.
Mereka beranggapan bahwa memiliki harta benda yang banyak, kedudukan yang
tinggi, dan Ilmu tentang pengetahuan dunia adalah tdak perlu. Karena hdup
ddunia ini cumin sebentar dan sementara, sedangkan hidup di akhirat bersifat
kekel dan abadi. Selan itu, banyak umat Islam yang menganut paham fatalisme,
yaitu paham yang mengharuskan berserah dir kepada nasib dan tdak perlu
berikhtiar, karena hidup manusia dikuasai dan dikendalikan oleh nasib.
Penympangan- penympangan umat slam terhadap ajaran agamanya
seperti tersebut, mendorong lahrnya para tokoh pembaharu, yang berusaha
menyadarkan umat islam agar kembali kepada ajaran Islam yang benar, yang
bersumber kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah (hadis). Tokoh-tokoh pembaharu yang
dimaksud antara lain:
1. Muhammad
bin Abdul Wahhab lahir di Nejd (Arab Saudi) pada tahun 1115 H (1703 M) dan wafat di Daryah
tahun 1201H (1787M). Muhammad bin Abdul Wahhap adalah seorang ulama besar yang
froduktif, karena buku-buku karangannya tentang Islam, memcapai puluhan judul.
Diantara buku-bukunya berjudul “ Kitap At-Tauhid “ yang isinya antara lain
tentang pemberantasan syrk, khurafat, dan bd’ah yang terdapat dkalangan umat
Islam dan mengajak umat Islam agar kembali kepada ajaran tauhid yang
murni. Para pengkut Muhammad bin Abdul Wahhap menamakan kelompoknya
denggan “Al-Muwahhidun” atau “Al- Muslimun” yang artinya kelompok yang berusaha
mengesahkan Allah SWT semurni-murninya. Gerakan pemurnian ajaran Islam yang
dilakukan oleh para pengkut Muahammad bin Abdul Wahhap ini dinamakan juga
gerakan “Wahabi”.
2. Rafa’ah
Badawi Rafi’ At-Tahtawi, atau At- Tahtaw. Lahir da tahta pada tahun 1801 M dan mennggal di mesir.
Pemikrannya yang berkaitan dengan ajran Islam, antara lain, beliau menyuruh
agar umat islam dalam hdup didunia ini tdak hanya mementingkan urusan akhirat.
Tetapi juga harus mementingkan urusan dunia, agar umat Islam tdak djajah oleh
bangsa lain.
3. Jamaluddin
Al-Afghani, lahir di Asadabad
tahun 1838M dan wafat di Istanbul tahun 1897M. di antara pembaharuan
yang muncul kan beliau adalah:
· agar kejayaan umat Islam dapat diraih kembali
dan mamapu menghadapi dunia modern, umat slam harus kmbali kepada ajaran
agamanya yang murni dan harus memaham Islam dengan rasio dan kebebasan.
· Jamaluddin mengngnkan agar kaum wanta juga
meraih kemajuan dan bekerja sama dengan pra untuk mewujudkan masyarakat Islam
yang dinamis dan maju.
· Kepemimpinan otokrasi hendaknya diubah
menjadi demokrasi. Menurut pendapatnya, Islam menghendaki pemerintahan repoblik
yang didalamnya terdapat kebebasan memukakan pendapat dan kewajban Negara untuk
tunduk kepada undang-undang.
· Ajarannya tentang Pan-Islamisme yakni persatuan
dan kerjasama seluruh umat islam harus diwujudkan. Karena persatuan dan kerja
sama seluruh umat Islam sangat pentng dan diatas segalanya.
Pada masa pembaharuan jumlah penduduk beragama Islam berkembang
terus kepelosok dunia. Penduduk muslim terbanyak berada dibenua Asiadan
Afrika. Mengacu kepada penduduk tahun 1991M Negara-negara yang penduduk
muslimnya lebh dari 90% adalah Mauritania, sahara barat, maroko, aljazair,
Tunisia, libia, mesir, Somalia, turki, irak, yordania, arab Saudi, yaman, oman,
Qatar, Bahrain, iran, afganisthan,dan Pakistan.
Sedangkan Negara-negara yang jujmlah umat Islamnya mencapai 50-90%
adalah Tanzania (Afrika), turkemenistan, Uzbekistan, krighistan, Tazikistan,
bagladesh, Malaysia Singapura, Indonesia, Brunei, difilipina. Negara-negara
yang umat Islamnya 10-50% antara lain
seperti Guinea(Afrka), Albania, Suriah, India, Cina,
dan Myanmar.
Untuk mengikat Negara-negara Islam di dunia, pada nbulan Zulhijjah
tahun 1381 H (mei 1962), telah didrikan Rabithah Al-Alam Al- Islami ( muslim
warld league atau lga duna Islam) sebuah organsasi Islam internasiaonal non
pemerintah yang tidak berpihak kepada suatu partai atau golongan dan mewakli
umat Islam sedunia. Ligas duna Islam ini berkantor pusat di Mekah (Saudi
Arabia), sedangkan kantor perwaklannya tersebat di seluruh duna, seperti
Indonesa, Amerika, Kanada, Denmark, Malaysia, dan Prancis.
Dibenua Eropa, dalam Conference of Islamc Cultural
Centre and Organization. Of Europe(konferensi pusat kebudayaan dan
organsasi Islam eropa). Di Lanon pada bulan Mei 1973, dengan dprakasai oleh
secretariat Islam di Jeddah telah ddrkan dewan Islam Eropa, yang bertujuan
untuk mengorgansr dan memajukan usaha-usah dakwah Islamah.
C. PERKEMBANGAN
ILMU PENGETAHUAN PADA MASA MODERN
Pada masa pembaharuan, perkembangan ilmu pemgetahuan mengalam
kemajuan. Hal ini dapat dlihat diberbagai Negara,
seperti Turki, India dan Mesir. Sultan Muhammad II (1785-1839 M)
dari kesultanan Turki Usmani, melakukan berbagai usaha agar umat Islam
dinegaranya dapat menguasai Ilmu pengetahuan dan teknologi. Usah-usaha tersebut
seperti:
1. melakukan modernsasi dibdang penddkan dan
pengajaran, dengan memasukan kurkulum pengetahuan umum kepada lembaga-lembaga
Islam (madrasah).
2. mendirkan lembaga penddkan “Mektebi Ma’arif”,
untuk mencetak tenagah-tenaga asli dibdang administrasi, juga membangun lembaga
“Mektebi Ulumi Edebiyet”, untuk menyediakan tenaga-tenaga ahli dibdang
penterjamaah.
3. mendrkan perguruan-perguruan tngg dibidang
kedokteran, milter, dan teknologi.
Setelah kesultanan Turki dihapuskan pda tanggal 1 November 1923M,
dan Turk diproklamirkan sebagai Negara berbentuk repoblik dengan presden
pertamanya Mustafa kemal At-Turk, pendri Turk modern (1881-1938 M), maka
kemajuan turk dbdang pengetahuan dan teknolog terus mengembang. Di India
ketika dijajah Inggris, telah bermunculan para cendikawan muslim
berpikran modern, yang melakukan usaha-usaha agar umat Islam mapu menguasai
Ilmu pengetahuan dan teknologi., sehngga dapat melepasan diri dari belenggu
penjajah. Parta cendkawan dimaksud deperti Syah Waliyullah (1730-1762 M),
Muhammad Iqbal (1873-1938M), Sayid Ahmad Khan (1817-1898M), Sayid Amir Ali
(1849-1928 M), Muhammad Ali Jannah (1876-1948M), dan Abdul Kalam Azad
(1888-1956 M).
Diantara cendekiawan tersebut yang besar jasanya tehadap umat
Islam di India adalah Sayid Ahmad Khan.
Setelah Inda dan Pakstan merdeka dari Inggris pada tahun 1947M,
Umat Islam terbagi dua, ada yang masuk ke Repoblik Islam Pakstan dan juga ada
yang tetap di India sekitar 40 juta jiwa. Umat Islam di dua Negara tersebut
terus berusaha meningkatkan Ilmu pengetahuan dan teknologi, agar kualitas hidup
mereka menngkat kearah yang lebih maju.
Pada masa pembaharuan, terutama setelah ekspansi Napoleon ke Mesir
(1798M) umat Islam Mesir, Khususnya para penguassa dan kaum cendekiawannya
menyadari akan keterbelakangan mereka dalam urusan dunia jika dibandingkan
dengan bangsa-bangsa Eropa. Oleh karena itu, mereka melakukan berbagai usaha
agar menguasa berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dmiliki oleh
bangsa-bangsa Eropa.
Muhammad Ali, penguasa Mesir tahun 1805-1849 M, mengirim
para mahasiswa untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi ke Prancis.
Setelah kembali ke Mesir, mereka mengajar dberbagai perguruan tinggi, terutama
di Universitas Al-Azhar. Karena yang belajar di Universitas Al-Azhar ini bukan
para mahasiswa Islam dari Mesir, tetapi maha siswa dari berbaga Negara dan
wilayahIslam. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dajarakan Universitas
Al-Azhar, in pun dengan cepat menyebar keseluruh dunia Islam. Selan Unverstas
Al-Azhar telah didirikan Unverstar-Universitas lain yang didalamnya terdapat berbaga
Fakultas seperti: Kedokteran, Farmasi, Teknik, pertania, Perdagangan, Hukum,
dan Sastra. Universitas yang dmaksud adalah Universitas Iskandariyah
di kotaIskandariyah, Universitas Ainusyams (1950 M), dan Universitas
Amerka yang bernama “The AmericanUniversity in Cairo (AUC), yng
didrikan bagi orang Mesir dengan tenaga pengajar dar Amerika.
D. PERKEMBANGAN
BUDAYA ISLAM PADA MASA MODERN
Kebudayaan umat Islam pada masa pembaharuan berkembang kearah yang
lebih maju. Hal ini dapat dpelajari dari berbagai Negara Islam atau Negara yang
berpenduduk mayoritas umat Islam. Seperti Saudi Arabia,
Mesir, Irak, Iran,Kuwait, Pakstan, Malaysia, Brunei,
dan Indonesia.
1. Arsitektur
Arsitektur ada yang berfungsi melayani keagamaan, seperti Msjid,
makam, Madrasah, dan ada pula yang berfungsi melayani kepentingan sekuler,
seperti Istana, benteng, pasar, caravan serai (sejenis hotel), jalan-jalan
raya, rel-rel kereta api, dan banyak lagi lainnya.
Setelah ditemukannya lading minyak pada tahun 1933, Saudi
Arabia tdak lagi sebagai Negara miskn tetap temasuk salah satu Negara
kaya. Dengan kekayaannya yang melimpah, Saudi Arabia banyak membangun
jalanraya antar kota, jalan kereta api antar kota Riyad
dengan kota Pelabuhan Ad-Dammam dip anta teuk Persia. Juga
membangun Maskapai penerbangan Internasional ( Saudi Arabia Air Lines) di
Jeddah, Zahran, dan Riyad. Dibidang perhotelan telah dbangun hotel-hotel mewah
bertaraf Internasional. Antara lain terdapat disekitar Masjidil Haram Mekah
dan Masjidil Nabawi Madinah.
Masjidil Haram artinya masjid yang dihormati atau dimuliakan.
Masjid ini berbentuk empat persegi terletak ditengah-
tengah kota Mekah, serta merupakan masjid tertua di dunia.
Ditengah-tengah masjid itu terdapat Ka’bah, yang juga disebutBaitullah (Rumah
Allah) dan Baitul Atiq (Rumah Kemerdekaan), yagn telah
diterapkan oleh Allah SWT sebagai kiblat umat Islam dseluruh dunia dalam
mengerjakan salat. Selain itu terdapat pula HajarAswad ( batu
hitam yang terletak didinding Ka’bah), makam Ibrahim, Hijr Ismail, dan sumur Zamzam
yang terletak tdak jauh dar Ka’bah.
Keadaan Masjdil Haram pada masa Nabi Muhammad SAW masih hdup,
dengan keadaaan Msjdil Haram sekarang jauh berbeda. Pada masa Nabi SAW masih
hdup, keadaan Masjidil Haram tdak begitu luas dan bersifat sederahan. Sekarang
ini, keadaan Masjidil Haram sangat luas dan merupakanbangunan yang begitu indah
dan megah. masjdilHaram saat in berlantai empat yang untuk naik dari lanta
dasar kelanta atasnya sudah dsedakan escalator.
Masjid Nabawi adalah sebuah masjid yang megah dan indah juga
sangat luas. Kalu pada masa Nabi Muhammad SAW luas masjid Nabawi sekitar 2.500
m persegi, kini luasnya menjadi sektar 165.000 m persegi (luas
seluruh kota Madinah pada masa Rasulullah SAW). Hal in mengakibatkan
makam Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar r.a., dan Umar bin KHaththab r.a yagndulu
berada diluar masjid sekarang berada didalam amsjid. Demikan pula tempat
pemakamman umum (maqbarah) bagi yang dulu berada
dpinggir kota Madinah, sekarang berda di samping /dipnggr halaman
masjd.
Masjid Nabawi semakn indah dan megah dengan adanya sepuluh buah
menara yang menjulung tnggi, 95 buah pintu Masjid yang lebar dan indah, juga
kubah masjid yang dapat terbuka dan tertutup.
Selain tu, pada atap masjd Nabawi bagan belakang yaitu diatas
pintu Al-Majidi dari sebelah barat memanjang kearah timur, telah dibangun
tingkat dua yang dimanfaatkan untuk perkotaaan, perpustakaan, gudang,
peralatan, dan selabihnya digunakan sepagai tempat salat. Apabila jamaah
dlantai bawah terlalu padat. Perlu pula dketahui bahwa seluruh ruangan dari
lantai bawah (dasar) Masjid Nabawi sekarang n memakai pendngin ruangan (AC).
Arstektur yang berfungsi untuk melayani kepentingan agama dan
kepentngan sekuler, selain terdapat di Saudi Araba, juga terdapat dinegara
lain, terutama di Negara yang berkependudukan mayoritas Islam. Misalnya di
Turki, sekarang ini memiliki tidak kurang dari 62.000 masjid dan pembangunan
mencapai 1.500 buah per tahun. Selan itu, telah dibangun lebih dari 2.000 unit
sekolah Al-Qur’an.
Di Iran ketika Dinasti Qatar berkuasa (pada tahun
1794-1925) telah dibangun kota Teheran sebagai
bukota Iran (dibangun pada abad ke-18 M).
perkembangan kota ini sangat pesat, terutama pada masa kekuasaan
Dinasti Paahlevi (1925-1979). Sekarang in teheran meupakan salah
satu kotaterbesar di Asia. Bangunan artektur peninggalan
Dnasti Qatar antara lain:
· Istana Niavarand, tempat kediaman Syah Muhammad
Reza Pahlevi dan keluargannya.
· Pekuburan Behesyti Zahra’
(bahasa Persiayang artinya taman Zahra, putri Rasulullah SAW). Pekuburan
ini tepat dimakamkannya puluhanribu syuhada (pahlawan) Revolusi Islam. Di
pekuburan ini juga dmakamkan pemimpin Revolusi Islam Ayatullah Khomaeni (wafat
1989 M).
Pada masa pembaharuan di Irak, selain terdapat arsitektur yang
berfungsi melayani keagamaan, seperti masjd, madrasah, dan makam ,juga
arsitektur yang melayani kepentingan sekuler misalnya bangunan-bangunan
industri, jalan kereta api yang menghubungkan Basrah dan Bagdad, jalan-jalan
raya yang beraspal antarkota, dua bandara Internasional di Basrah dan Bagdad,
serta dua pelabuhan Internasional di Basrah dan Um Al-Qasar.
2. Sastra
Pada masa pembaharuan telah muncul para sastrawan yang karya-karya
sastrannya bersifat Islami diberbagai Negara, misalnya:
· seorang sastrawan dan pemikir besar, menjelang
abad ke-20 telah lahir di Pakistan(1877-1938) yang bernama Muhammad
Iqbal.Beliau telah mengungkapkan filsafatnya dalam bentuk puisi dengan
menggunakan bahsa Urdu dan persa. Dar karya puisinya, yang penting adalah
Asrari Khudi, disamping karya filsafatnya yang berjudul “The
Reconstruction of Religious Thoughs in Islam” (kedua buku ini sudah
diterjemaahkan dan diterbitkan dalam bahsa Indonesia). Beliau juga telah
menulis beberapa prosanya dalam bahasa Inggris dan arab.
· Mustafa Lutfi Al-Manfaluti (1876-1926) seorang sastrawan dan ulama
Al-Azhar (Mesir) termasuk pengarang cerita pendek bergaya semi klasik dan semi
modern.
· D.r Muhammad Husain Haekal (1888-1956) pengarang mesir terkenal, yang telah
menulisHayatu Muhammad (Sejarah Hidup Nabi Muhammad SAW, telah
terbit dalam terjemaah bahasa Indonesia) adalah juga seorang sastrawan dan
dianggap perintis karya sastra modern setelah novelnya yang berjudul Zainabterbit
tahun 1914. beliau juga banyak menulis kritik sastra dan cerita pendek.
· Jamil Siqdi Az-Zahawi (1863-1936) di Irak terkenal sebagai perintis
sajak modern dan seoran penyair tua yang bernada keras dan dikenal sebagai
pembela hak-hak wanita bersama-sama dengan Ma’ruf Ar-Rasafi (1877-1945).
· Abdus Salam Al- Ujaili (lahir 1918)adalah seorang satrawan di
Suriah dan juga seorang Dokter medis, aktif dalam penulisan novel dan cerita
pendek.
· Peranan perempuan dalam perkembangan sastra
modern ternyata tidak banyak. Dari yang sedikit itu misalnya Binti Syati’
yang sebenarnya bernama Aisyah Abdurrahman. Beliau meraih gelar dokter dalam
sastra kelasik, terkenal sebagai sastrawati, wartawati dan editor harian
Al-Ahram Mesir. Selain itu, beliau banyak menekuni Al-Qur’an, lalu menulis
tapsir Al-Qur’an dari segi sastra. Sastra lain seperti Fatwa Tawqan dan Nazek
Al-Malaikah (palestina), serta Layla Ba’albaki (Lebanon).
3. Kaligrafi
Kata kaligrafi berasal dari bahasa Yunani : kaligrafia atau
kaligrafhos. Kallos berarti indah dan grapho berarti tulisan. Jadi, kaligrafi
adalah tulisan (aksara) indah yang mempunya nilai estetis. Dalam bahasa arab
kalgrafi disebut khatt, yang dalam pengertian sehari-hari berarti tulisan indah
yang memliki nilai estetis.
Kaligrafi (khatt) merupakan satu-satunya seni Islam, yang murn
dihasilkan oleh orang Islam, berbeda dengan seni Islam lainnya seperti seni
lukis, dan ragam hias yng terpengaruh unsure non Islam.
Kaligrafi terdiri dar berbagai macam gaya antara lain
enam macam gaya yang dsebut Al-Aqlam as-Sittah (The Six Handsl Styles).
Seni kaligrafi berkembang sadangat cepat keseluruh pelosok dunia,
khususnya kenegara-negara yang penduduknya mayoritas umat Islam seperti
Indonesa.
Seni kalaigrafi digunakan sebagai hiasan di masjid-masjid,
penyekat ruangan, hasan dinding rumah, kotak penyimpanan periasan, alat-alat
rumah tangga dan lain-lan. Meda yang digunakan pun beragam-ragam yakn dari
kertas, kan, kulit, kaca, emas, perak, tembaga, kayu dan keramik.
Perhatian umat Islam Indonesia terhadap seni
kaligrafi cukup bagus, hal ini ditandai antara lain:
· Diadakan pameran lukisan kaligrafi bertaraf
nasional, yakn pada acar MTQ Nasional XI di semaran (1979), pada Muktamar
pertama Media Massa Islam sedunia di Jakarta (1980),pada MTQ Nsional XII di
Band Aceh (1981),dan pada pameran kaligrafi Islam di Balai Budaya Jakarta dalam
rangka menyambut tahun baru Hijriah 1405 (1984).
· Diselenggarakannya Musabaqah Khatt Indah
Al-Qur’an (MKQ) dalam setap MTQ. MKQ mulai diselenggarakan pada MTQ Nasional
XII di Banda Aceh (1981) dan MTQ Nasional XIII di Padang (1983)
Post a Comment