Sikap Hidup Dalam Menghadapi Cobaan

Dalam hidup seseorang pasti akan mendapatkan cobaan dalam bentuk yang bermacam macam seperti bully, salah satu anggota keluarga meninggal dunia, tidak mendapatkan pekerjaan, musibah atau terkena bencana alam dan lain sebagainya, tetapi setiap orang yang mendapatkan cobaan akan menggunakan cara yang berbeda beda dalam menghadapi cobaan tersebut. Perbedaan cara menghadapi cobaan biasanya didasari pada perbedaan pola pikir tiap orang yang juga berbeda beda. Cobaan datang kepada manusia biasanya untuk menguji seberapa kuat imannya atau teguran dari apa yang telah dilakukan selama ini dan diperlukan cobaan atau ujian untuk menyadarkan bahwa apa yang dilakukan selama itu adalah salah.
        Cobaan pada dasarnya ada untuk membuat orang yang sedang dicoba untuk selalu sabar menghadapi cobaan yang sedang dia hadapi. Karena jika tidak sabar akan cobaan yang ada, maka cobaan akan terasa sangat berat dan mungkin saja tidak kuat menghadapi cobaan tersebut. Memang sabar bukanlah suatu hal yang mudah untuk beberapa orang, tetapi dengan sabar maka cobaan akan membuat kita lebih tenang dalam menghadapi cobaan yang ada. Selain sabar, kita harus bersyukur bahwa masih diberikan cobaan, karena cobaan merupakan sebuah pertanda bahwa masih disayang oleh Allah SWT dan harus bersyukur pula bahwa cobaan yang datang tidak sebanding dengan apa yang sudah diberikan oleh Allah SWT selama ini kepada kita.
        Menurut saya pribadi, menghadapi cobaan adalah dengan cara lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara lebih memperbanyak ibadah, lebih banyak mengingat Allah SWT dan banyak melakukan perbuatan baik kepada orang lain. Selain itu dengan cara mengingat ingat kembali apa yang sudah dilakukan selama beberapa waktu terakhir, karena cobaan bisa merupakan teguran atas apa yang sudah dilakukan selama ini. Dengan mengingat apa yang sudah dilakukan dalam beberapa waktu terakhir, kita dapat mencari kesalahan dan menjadikannya bahan introspeksi diri agar kedepannya kesalahan tersebut tidak dilakukan lagi
        Cobaan hidup kadang datang kepada kita untuk mengingatkan bahwa kita lupa akan adanya Allah SWT. Dengan didatangkannya cobaan, biasanya orang yang sedang dilanda cobaan akan ingat Allah SWT dengan cara lebih rajin dalam ibadahnya, baik yang sunnah dan yang wajib dan lebih tepat waktu lagi dalam mengerjakan solat 5 waktu. Tetapi ada juga ketika orang yang sedang dilanda cobaan dia malah semakin lupa pada tuhannya, sehingga mengakibatkan menjadi seorang yang terpaku terhadap cobaan yang melanda dirinya atau sampai menjadi pasrah terhadap keadaan, atau buruknya adalah bisa sampai mengakhiri hidupnya karena sudah tidak kuat.
        Dalam menghadapi cobaan, selain harus bersabar, hendaknya juga berfikir bahwa cobaan yang sedang dihadapi tidak seberat cobaan yang orang lain rasakan. Masih banyak orang diuar sana yang mempunyai cobaan hidup yang sangat berat dan dalam waktu yang sangat lama. Sehingga kembali lagi, apapun situasinya, kita diharuskan untuk selalu bersyukur pada apapun yang sedang terjadi pada diri kita masing masing.
         Selain sabar dan berfikir banyak cobaan yang lebih berat dari yang sedang dirasakan, cara untuk menghadapi cobaan adalah jangan mengeluh terhadap keadaan. Karena mengeluh tidak akan ada hasilnya sama sekali, justru malah akan membuat banyak pikiran dan akan membuat semakin stress. Berfikir saja bahwa didalam setiap cobaan selalu ada hikmah yang dapat kita ambil untuk dijadikan pelajaran kedepannya. Serta meskipun dalam cobaan hidup, hendaknya tidak lupa untuk membantu orang lain yang sedang dalam kesulitan. Karena dengan membantu kesulitan orang lain maka tanpa diduga kedepannya ketika sedang dalam keadaan sulit juga akan ada bantuan yang tidak kita duga sebelumnya.

        Dalam menghadapi cobaan, janganlah bermalas malasan dan berfikir semuanya akan selesai begitu saja. Yang dibutuhkan adalah semangat untuk bangkit dari cobaan tersebut. Bolehlah kita bersedih, tetapi jangan berlarut larut dalam kesedihan karena sedih tidak akan merubah apapun yang sudah terjadi.

Post a Comment