Ringkasan Penulisan Ilmiah

Pembimbing : Onggo Wiryawan M,Si.
“APLIKASI LOKASI WISATA KOTA DEPOK BERBASIS ANDROID ”


Dalam penulisan ilmiah yang sudah dibuat mengenai pembuatan aplikasi lokasi wisata yang ada di kota Depok yang didalamnya menggunakan juga SQL lite. Aplikasi ini berbasis android dan menggunakan software Android Studio sebagai media pembuatannya, serta SQLite sebagai databasenya.
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk membuat sebuah aplikasi lokasi wisata yang ada di kota depok berbasis android, dan diharapkan dapat menjadi salah satu panduan sebagai pencari informasi mengenai wisata apa saja yang ada di kota Depok beserta deskripsi singkatnya. Pada penulisan ini tidak membahas mengenai bagaimana cara menunjukkan jalan atau rute dari lokasi pengguna menuju salah satu lokasi wisata. Pembuatan aplikasi ini hanya memberikan informasi 10 lokasi wisata yang ada di kota Depok dan deskripsinya yang memanfaatkan GPS (Global Positioning System) yang ada dalam ponsel yang menggunakan sistem operasi android.
Metode dalam penulisan ini adalah menggunakan metode studi pustaka, yaitu dengan cara mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, seperti buku, artikel, dan media lainnya seperti internet, selain itu juga melakukan perancangan aplikasi, implementasi, dan uji coba aplikasi pada beberapa smartphone. Dengan pembuatan aplikasi lokasi wisata kota depok tersebut diharapkan informasi mengenai lokasi wisata yang ada di kota depok dapat lebih diketahui oleh calon pengunjung yang ingin menuju ke lokasi tersebut.
Aplikasi ini memiliki struktur navigasi bertipe hirarki, dan memiliki 3 buah menu, yaitu menu Peta Lokasi, menu Info Lokasi Wisata, menu Tentang dan 1 buah tombol Keluar. Pada menu peta lokasi terdapat titik titik mana saja yang merupakan lokasi wisata yang ada di kota Depok, sedangkan pada menu Info Lokasi wisata akan berisi mengenai lokasi wisata yang ada di kota Depok beserta informasi singkatnya, selain itu pada menu tentang akan beriskan mengenai informasi dari aplikasi dan nama dari pembuat aplikasi. Di bawah ini merupakan tampilan dari menu utama

Pada menu info lokasi wisata terdapat 10 lokasi wisata yang ada di kota Depok.didalamnya terdapat info berupa nama lokasi wisata, nomor telpon dan alamat lokasi wisata tersebut, fasilitas yang tersedia serta alamat website dari lokasi wisata tersebut. Selain itu juga terdapat titik lokasi wisata tersebut menggunakan google maps. Pada menu ini semua info dan koordinat dari masing-masing lokasi wisata disimpan dalam SQLite, selain itu urutan nama lokasi wisata diurutkan secara abjad dari a sampai z. Berikut ini merupakan tampilan dari menu info lokasi wisata


       Pada menu peta lokasi, didalamnya terdapat 10 lokasi wisata yang ada di kota Depok yang akan ditunjukkan dengan menggunakan GPS yang koordinatnya disimpan didalam SQLite yang merupakan database yang sudah disediakan oleh Android Studio. Didalam menu peta lokasi jika pengguna memiih salah satu lokasi wisata, maka akan ada sebuah pop-up yang akan menunjukkan nama dari lokasi wisata tersebut.. Berikut adalah tampilan dari menu peta lokasi


          Selain 2 menu di atas, terdapat sebuah menu lagi yaitu menu tentang, dimana menu tentang ini berisi informasi mengenai lokasi wisata kota Depok ini dan dilengkapi pula dengan nama pembuat aplikasi.
          Kelebihan pada aplikasi ini adalah penggunaan yang mudah atau user friendly dan sangat sederhana sehingga penggunanya dapat memperoleh informasi tentang lokasi wisata secara jelas. Selain itu informasi yang tersedia cukup jelas dan disertai pula dengan gambar dan lokasi di setiap info salah satu lokasi wisata. Kelebihan lainnya dari aplikasi ini adalah dapat digunakan di berbagai macam ponsel dengan sistem operasi android dengan versi yang paling minimal adalah android 4.0 ( Ice Cream Sandwich), dimana ponsel dengan sistem operasi android saat ini sudah banyak menggunakan versi android dengan versi yang lebih tinggi dari Ice Cream Sandwich. Selain itu dapat digunakan di berbagai perangkat dengan ukuran layar yang berbeda-beda.

          

Post a Comment