Pengantar Bisnis Informatika & E-Commerce

Bisnis adalah suatu kesibukan atau  aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan atau nilai tambah. Dalam ilmu ekonomi, bisnis merupakan organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.
          Sedangkan informatika merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang, yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Secara umum, informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil dari pemrosesan data, serta menampilkan dalam bentuk informasi.
Jadi, bisnis informatika merupakan kegiatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok orang yang memiliki nilai dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan menggunakan bantuan teknologi informasi.
Bisnis informatika pada akhir-akhir ini mengalami perkembangan yang cukup pesat, hal ini dikarenakan bisnis informatika perkembangannya mengikuti perkembangan teknologi informasi. Bisnis informatika muncul dikarenakan adanya peluang yang ada pada teknologi inforasi melalui perkembangan jaringan internet. Karena perkembangan internet yang dahulunya merupakan barang mewah bagi sebagian orang dan sekarang sudah menjadi semakin murah untuk mendapat akses internet.
Perkembangan bisnis informatika secara global diawali sejak penemuan computer pada tahun 1955, dan sejak itu peradaban dunia mengalami perkembangan informasi yang semakin cepat yang didukung juga oleh kemajuan ilmu pengetahuan. Penemuan computer tersebut juga sangat berpengaruh pada dunia bisnis. Pada saat ini sudah banyak perusahaan yang sudah menerapkan teknologi untuk menjalankan bisnis di perusahaan mereka tersebut.
Perkembangan dalam menjalankan bisnis yang menggunakan informatika yang dirasa sangat bermanfaat bagi para pelaku bisnis adalah mudahnya komunikasi dengan rekan bisnis yang berbeda lokasi, baik yang berbeda kota ataupun sampai berbeda negara yang dapat dilakukan dengan menggunakan video conference. Dengan video conference maka urusan bisnis seperti pengembangan produk akan jauh lebih cepat serta tidak mengeluarkan biaya yang banyak untuk masalah perjalanan dari satu tempat menuju tempat lain.
Selain berpengaruh pada komunikasi antara pelaku bisnis satu dengan yang lainnya, perkembangan dalam menjalankan bisnis informatika juga dapat terlihat pada para pegawai di suatu perusahaan. Pada saat ini mereka tidak perlu memberikan hasil pekerjaan mereka dalam bentuk kertas melainkan dapat menggunakan fasilitas email untuk mengirimkan hasil pekerjaan mereka.
Perkembangan bisnis informatika di Indonesia sendiri mengikuti perkembangan teknologi informasi yang didukung juga oleh perkembangan teknologi computer saat ini. Sebagai contoh dari perkembangan bisnis informatika terlihat pada maraknya e-commerce atau penjualan barang dan jasa secara elektronik yang terbentuk dari factor semakin banyaknya pengguna internet, karena Indonesia masuk kedalam urutan ke empat pengguna smartphone setelah Tiongkok, India dan Amerika. Hal ini merupakan salah satu faktor penting majunya perkembangan bisnis informatika di Indonesia.
Faktor lain yang turut serta mempengaruhi perkembangan bisnis informatika adalah faktor dari modal. E-commerce dan software house adalah contoh dari bisnis informatika yang dianggap tidak terlalu banyak membutuhkan modal. Cukup dengan membuat sebuah situs e-commerce yang mampu menarik perhatian konsumen, promosi yang bagus yang ditunjang dengan kreatifitas dari tim pembuat web tersebut maka dengan sendirinya para konsumen akan berdatangan.
Majunya perkembangan bisnis informatika di Indonesia menjadikan bisnis ini mempunyai potensi yang cerah kedepannya. Karena mulai disadari bahwa teknologi informasi dapat menghadirkan berbagai solusi yang dapat membantu jalannya bisnis dan memaksimalkan efisiensi dalam berbisnis.
Salah satu contoh e-commerce yang cukup banyak diketahui oleh pengguna internet di Indonesia adalah jakmall.com. jakmall merupakan salah satu e-commerce yang menjual berbagai macam barang, mulai dari handphone dan peralatannya, sampai barang untuk keperluan rumah tangga. Situs jakmall.com ini menyajikan website dengan pemilihan warna dan layout yang menarik. Selain itu pada halaman awal akan banyak produk-produk yang sedang ada potongan harga khusus ataupun ada produk yang baru dipasarkan di jakmall.com.  Jakmall ini merupakan sebuah e-commerce yang berafiliasi langsung dengan e-commerce lainnya, yaitu jakartanotebook.com. Jadi jika mempunyai akun di Jakartanotebook.com, maka akun tersebut juga dapat masuk kedalam jakmall.com.
Cara kerja di jakmall.com adalah jika ingin menjual barang maka diharuskan mendaftar menjadi penjual yang harus mempunyai akun terlebih dahulu yang telah didaftarkan menjadi penjual dan akun tersebut sudah disetujui oleh pihak jakmall.com. Untuk transaksinya jika pembeli sudah memilih barang yang akan dibeli dan sudah membayar melalui beberapa cara dalam pembayaran yang sudah disediakan oleh jakmall.com, jika pembayaran sudah diterima maka penjual akan mempersiapkan barang yang akan dikirim. Jika sudah dikirm maka akan ada pemberitahuan jika barang sudah dikirim dan akan diberi tahu nomor resinya. Selain itu dalam jakmall.com terdapat sebuah fitur dimana pengguna bisa melihat barang yang akan dibeli tetapi barang belum tersedia sehingga harus menunggu sampai barang itu ada, dan ketika barang tersebut sudah ada maka konsumen akan mendapatkan informasi mengenai barang tersebut sudah tersedia di email mereka.
Selain itu di jakmall.com juga terdapat Affiliate Partner, merupakan sebuah layanan dari jakmall.com yang menjadikan anggota jakmall untuk menjadi pedagang perantara yang dapat memanfaatkan layanan dropship di jakmall.com, sehingga para anggota affiliate partner dapat menikmati keuntungan tanpa harus memikirkan stok barang dan tidak perlu repot untuk mengurus pengiriman barang. Sistem kerja dari affiliate partner ini adalah anggota hanya perlu menawarkan barang melalui forum jual beli online ataupun di social media mana saja. Dan disaat mendapatkan pesanan maka anggota tersebut hanya perlu membuat invoice dari pesanan tersebut dari akun jakmall.com yang sudah aktif sebagai affiliate partner dari jakmall.com. Dan persiapan pengiriman barang sampai pengiriman barang melalui kurir akan diurus oleh merchant affiliate yang merupakan penjual di jakmall.com yang mendukung layanan dropship bagi affiliate partner jakmall.
Kelebihan jakmall.com
Jakmall.com mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan situs jual beli yang lain yang ada di Indonesia, diantaranya :
  1. Pembayaran menggunakan pihak ketiga, jadi uang yang sudah di transfer akan masuk ke rekening penjual ketika barang sudah sampai ke konsumen.
  2. Harga lebih murah dibandingkan dengan e-commerce lain yang ada di Indonesia, apalagi jika membeli barang lebih dari satu buah.
  3. Terdapat fitur ulasan dari konsumen yang sudah menerima dan memakai produk tersebut.
  4. Terdapat banyak potongan harga dengan penggunaan kartu kredit dari bank tertentu.

Kekurangan jakmall.com
Selain mempunyai kelebihan, jakmall tentu mempunyai beberapa kekurangan, diantaranya :
  1. Kualitas barang terkadang kurang baik sehingga harus mengembalikan barang kembali untuk ditukar.
  2. Tidak ada batas waktu antara waktu transfer dan waktu pengiriman.
  3. Tidak ada estimasi kapan barang akan sampai ke tujuan sejak barang tersebut dikirim.



Sumber Pustaka :

https://hilariadevita.wordpress.com/2016/10/04/definisi-contoh-dan-perkembangan-bisnis-informatika/
http://fryunfirst.blogspot.co.id/2015/01/pengantar-bisnis-informatika.html
https://thepradjna.wordpress.com/2011/10/28/definisi-bisnis/


Post a Comment